Jasa Edit Merapikan Skripsi Tesis Disertasi Agar Sesuai dengan Aturan Penulisan yang Benar

Jasa Edit Merapikan Skripsi Tesis Disertasi Agar Sesuai dengan Aturan Penulisan yang Benar

Dalam penyusunan karya ilmiah makalah, skripsi, tesis, disertasi dan naskah buku tidak hanya harus dapat menyajikan isi secara baik dan benar namun juga harus disajikan dalam tata letak penulisan yang baik. Diantaranya seperti penggunaan margin, spasi, jenis font, penomoran halaman dan sub bab. Semua harus dapat di susun sesuai dengan ketentuan yang diberikan oleh kampus maupun instansi. 

Sebenarnya hampir disetiap kampus memberikan panduan penyusunan maupun panduan penulisan karya ilmiah yang diberikan. Namun tidak semua mahasiswa mampu menyesuaikan susunan penulisan sesuai dengan panduan yang diberikan. Seringkali hal tersebut menjadi perhatian bagi dosen pembimbing untuk diminta merevisi pada bagian-bagian yang tidak sesuai dengan panduan penulisan yang diberikan oleh kampus.

Adanya kesulitan bagia mahasiswa untuk menyesuaikan dan merapikan karya tulis mereka dikarenakan kurangnya kemampuan dalam menggunakan dan mengoperasikan aplikasi Microsoft Word. Penggunaan fungsi-fungsi dalam word untuk menyesuaikan margin, spasi, nomor halaman, header footer, pemberian judul sub bab, dan penyusunan daftar isi seringkali menjadi masalah utama dalam penyusunan skripsi. Tidak sedikit pelanggan dari winispro yang meminta bantuan kepada kami untuk membantu memperbaiki penulisan karya tulis mereka. 

Secara umum, penggunaan standar penulisan karya ilmiah yang winispro temui memiliki kesamaan dalam beberapa hal. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan karya ilmiah yaitu :

1. Penggunaan Ukuran Kertas, Margin dan Spasi

Ukuran kertas yang seringkali digunakan dalam penyusunan karya ilmiah adalah ukuran A4 yaitu dengan ukuran 21.5 x 29.7 cm. Jika ingin dicetak umumnya menggunakan kertas A4 dengan gramasi 80 gr. Sedangkan margin yang digunakan adalah 4 cm kiri, 4 cm atas, 3 cm kiri dan 3cm bawah. Bagian sisi kiri dan atas memiliki margin yang lebih lebar karena akan dipotong saat dalam proses penjilidan dan bagian kiri akan digunakan sebagai punggung buku, sehingga memerlukan margin yang lebih lebar agar enak dibaca.  Sedangkan pada spasi, umumnya menggunakan spasi 2 pt, namun ada juga beberapa kampus yang menggunakan spasi 1.5 pt. Penggunaan spasi sangat berpengaruh pada jumlah halaman dan tata letak dalam karya tulis. 

Untuk pengaturan margin dan ukuran kertas dapat diseting melalui menu "Page Layout > Margin", Sedangkan untuk pengaturan spasi dapat dilakukan memalui menu "Page Layout > Paragraf". 




2. Penyusunan Halaman Nomor

Penyusunan halaman nomor sebenarnya sangat mudah, dimana dalam word kita hanya perlu menggunakan menu "Insert > Page Number". Maka kemudian halaman word akan terisi otomatis dengan nomor halaman. Namun permasalahan yang terjadi yaitu, dalam penyusunan karya ilmiah seringkali meminta pada setiap bab penomoran halaman di letakkan pada bagian bawah, sedangkan pada halaman berikutnya di bagian kanan atas. Untuk dapat melalukan pengaturan tersebut memang tidaklah mudah, perlu trik tertentu agar dalam 1 file bisa secara otomatis berisi nomor halaman yang berbeda pada bagian judul bab dan halaman selanjutnya. Dimana hal ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan menu Breaks pada menu Page Layout . Berikut contoh pemberian nomor halaman yang berbeda dalam setiap halaman. 

halaman beda nomor

3. Penyusunan Daftar Isi

Daftar isi merupakan susunan penomoran halaman yang biasanya ditunjukkan mengenai tata letak bab dan  sub bab dalam setiap naskah karya tulis. Penyusunan daftar isi dapat dilakukan secara otomatis maupun manual. Penyusunan daftar isi otomatis dilakukan dengan memberikan style heading pada setiap bab maupun sub bab, sehingga dalam penyusunan daftar isi otomatis akan muncul. Untuk membuat daftar isi otoatis dapat dilakukan dengan menggunakan menu "Reference > Table of Contents". 

Penyusunan daftar isi otomatis ini sangat dipengaruhi pada penggunaan style pada setiap sub bab dan judul bab. Seringkali pelanggan winispro mengalami kesulitan karena meskipun heading sudah muncul otomatis namun hasilnya berantakan. Oleh karena itu kami siap membantu jika menemukan permasalahan seperti itu. 
Dan cara kedua dalam penyusunan daftar isi dapat dibuat secara manual, yaitu dengan mengetikkan judul bab dan sub bab secara manual di halaman tersendiri. Namun hal ini memiliki kekurangan dimana jika isi diubah dan letak sub bab berubah maka pada bagian daftar isi ini harus diubah secara manual juga, dimana hal tersebut merepotkan sekali.

4. Penyusunan Daftar Pustaka

Hampir sama dengan daftar isi, daftar pustaka juga dapat disusun secara otomatis. Daftar pustaka berisi tentang susunan referensi yang digunakan dalam karya tulis. Penyusunan dalam karya tulis maupun buku dapat dilakukan secara otomatis, biasanya untuk penyusunan ini diperlukan tools tambahan yaitu Mendeley atau Zotero, Kedua tools tersebut dapat dipasangkan pada Microsoft Word sehingga dapat me record setiap referensi seperti buku,jurnal, artikel, karya tulis dan sumber lainnya yang ada dalam karya tulis Anda. Sehingga pada bagian daftar pustaka nantinya dapat ditampilkan secara otomatis. 

Meskipun demikian, tidak sedikit yang mengalami kendala saat menggunakan Mendeley maupun Zotero,. Oleh karena itu Winispro siap membantu untuk Anda yang mengalami kendala-kendala tersebut. 

Jika mengalami kendala dalam penyusunan merapikan skripsi dan karya tulis lainnya seperti makalah, tesis dan disertasi Anda bisa menghubungi kami di KLIK NOMOR BERIKUT

089696888212


Untuk jasa pengeditan per halaman hanya dikenakan biaya 1500 - 3000 per halaman. Terima kasih..



0 comments:

Posting Komentar

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda