Strategi Pemasaran dan Faktor Yang Mempengaruhi Pemasaran

Strategi Pemasaran dan Faktor Yang Mempengaruhi Pemasaran

Pemasaran disuatu perusahaan, selain perlu dilakukan secara dinamis juga harus selalu menerapkan prinsip-prinsip yang unggul. Perusahaan harus meninggalkan kebiasaan-kebiasaan lama yang sudah tidak relevan dengan perkembangan jaman serta terus menerus melakukan inovasi. Sekarang bukanlah jaman dimana produsen memaksakan kehendak terhadap konsumen, melainkan sebaliknya konsumen memaksakan kehendaknya terhadap produsen. Hal ini sesuai dengan teori pemasaran modern yang menyatakan bahwa kunci sukses sebuah perusahaan bersaing tergantung pada penyesuaian secara dinamis terhadap lingkungan yang kompleks dan selalu berubah-ubah.

Strategi pemasaran menurut Kotler (2006 :256 ) adalah pola pikir pemasaran yang akan digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran. Strategi pemasaran berisi strategi spesifik untuk pasar sasaran, penetapan posisi, bauran pemasaran dan besarnya pengeluaan pemasaran. Bauran Pemasaran (Marketing Mix) menurut Dharmesta (2015:78), adalah kombinasi dari empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran , yaitu : product, price, place, dan promotion.

Strategi bauran pemasaran menurut Kotler dan Amstrong (2004) : adalah serangkaian variabel yang dapat dikontrol dan tingkat variabel yang digunakan oleh perusahaan untuk mempengaruhi pembeli atau pasar yang menjadi sasaran.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemasaran

a. Produk (product). 

Menurut Dharmesta (2015:94), produk adalah suatu sifat yang kompleks baik diraba maupun tidak diraba, termasuk bungkus,warna, harga, prestise perusahaan dan pengecer, pelayanan perusahaan dan pengecer, yang diterima oleh pembeli untuk memuaskan keinginan atau kebutuhan.Sedangkan menurut Lupiyoadi (2011:58) : produk adalah keseluruhan konsep objek atau proses yang memberikan sejumlah nilai atau manfaat kepada konsumen. Bauran Produk menurut Kotler (2006 : 155) : adalah sekumpulan dari semua produk dan item produk seperti macam produk, kualitas produk, rancangan produk serta atribut lainnya yang secara khusus ditawarkan pada pembeli.

b. Harga (price). 

Menurut Husein Umar (2002:32), harga merupakan sejumlah nilai yang ditukarkan konsumen dengan manfaat yang dimiliki atau menggunakan produk yang ditetapkan oleh pemasar. Sedangkan menurut Alma (2014:169), harga adalah nilai suatu barang yang dinyatakan dalam uang.

c. Tempat/Distribusi (place/distribution) 

Menurut Kotler (2006:365), adalah seperangkat organisasi yang saling tergantung dan saling terlibat dalam proses perluasan produk atau jasa yang tersedia untuk digunakan atau dikonsumsi. Menurut Simamorang (2001:309) , distribusi adalah suatu lembaga perantara yang melakukan kegiatan menyalurkan barang dan jasa disertai hak milik dari produsen ke konsumen.

d. Promosi (promotion) 

Menurut Sigit (2002:53) adalah setiap bentuk komunikasi yang digunakan oleh perusahaan untuk memberitahukan, membujuk, atau mengingatkan orang mengenai produk, jasa, bayangan (image), gagasan (ide) atau keterlibatan perusahaan dan masyarakat dengan maksud agar dapat menerima dan melakukan perbuatan sebagaimana yang dikehendaki oleh perusahaan.

Ingin kembangkan materi diatas lebih lengkap lagi jadi makalah kamu atau materi tugas kamu. Hubungi

089 696 888 212


0 comments:

Posting Komentar

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda