Pelaksaanaan Penggunaan Kekuasaan dan Distribusi Wewenang

Pelaksaanaan Penggunaan Kekuasaan dan Distribusi Wewenang

 

Pendelegasian wewenang sangat penting bagi staff untuk melakukan tugasnya sehingga staff dapat bekerja secara efektif. Suatu pekerjaan dikatakan efektif apabila sasaran atau tujuan yang telah dicapai sesuai dengan sasaran yang direncanakan sebelumnya dan jika sasaran atau tujuan tidak sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, maka pekerjaan itu tidak efektif. Pelaksanaan pendelegasian kewenangan dapat berjalan secara efektif, maka dalam pelaksanaan perlu memperhatikan prinsip-prinsip tertentu. Oleh karena itu dalam pelaksanaan distribusi wewenang oleh Front Office Manager dapat diukur melalui indikator prinsip-prinsip dalam melakukan pendelegasian wewenang antara lain sebagai berikut : 

1. Principle of delegation by results expected; (pendelegasian berdasarkan hasil yang diperkirakan) 

Dalam pendelegasian wewenang harus memperhatikan rencana yang telah disepakati sebelumnya serta memperhatikan harapan pegawai sehingga terdapat kesesuaian dalam pelaksanaan pendelegasian wewenang. Hal ini dikarenakan pentingnya kesesuaian informasi yang diperoleh staf dalam pelaksanaan wewenang dan perlu  didukung oleh keterampilan dan kecakapan yang dimilikinya. 
 

2. Principle of functional definition; (Pendelegasian berdasarkan prinsip definisi fungsional) 

Dalam pendegelasian wewenang yang dilakukan harus sesuai dengan prinsip definisi fungsional hal ini dikarenakan dalam pendelegasian wewenang harus memperhatikan job deskripsi masing-masing pegawai sehingga pendelegasian wewenang menjadi jelas. 
 

3. Scalar principle; (Prinsip berurutan berdasarkan hierarkhi jabatan) 

Dalam pendegelasian wewenang yang dilakukan oleh Manager harus sepenuhnya sesuai dengan prinsip hierarki jabatan hal ini dikarenakan dalam pendelegasian wewenang harus memperhatikan urutan kedudukan masing-masing pegawai sehingga terjadi adanya kesesuaian pendelegasian wewenang dengan jabatan pegawai. 
 

4. Authority level principle; (Prinsip jenjang kewenangan) 

Dalam pendegelasian wewenang yang dilakukan oleh Manager harus sepenuhnya sesuai dengan prinsip jenjang kewenangan hal ini dikarenakan dalam pendelegasian wewenang harus memperhatikan urutan kedudukan masing-masing pegawai sehingga pegawai yang menerima wewenang dari Manager  dapat mengambil keputusan  atau dengan kata lain Manager melimpahkan kewenangan kepada pegawai didasarkan pada struktur atau tingkatan pegawai dalam organisasi. 
 
Dari indikator diatas diguakan untuk mengetahui pelaksanaan pendelegasian wewenang kepada pegawai dan harus memperhatikan prinisp-prinisp dalam penggunaan kekuasannya untuk mendelegasikan wewenangnya sehingga staf bawahannya dapat melaksanakan setiap kewenangan yang diberikan oleh Manager. 
 
 Ingin mengembangkan materi diatas menjadi makalah atau bagian dari skripsi atau tugas kamu, hubungi kami ya di 
 

089 696 888 212

Online 24 jam 

 
 Kami akan bantu susun makalah atau tugas kamu dengan kaidah penulisan yang benar sesuai dengan ketentuan yang diberikan. 

Yang perlu materi kuliah lainnya materi ilmu komunikasi, materi kuliah manajeme, nmateri kuliah jurusan manajemen dan jurusan lainnya bisa info kami.

0 comments:

Posting Komentar

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda